Alifdankayla’s Weblog


mengenal globe dan tatasurya
April 11, 2008, 4:13 am
Filed under: Ilmu | Tags: , , , ,

papa kemarin bilang, hari ini mas alif dan kayla akan mengenal tentang globe dan bumi serta tata surya. Kemarin mas alif udah beli globe mini..tapi sepertinya kurang bagus globenya (ntar dicari lagi yang bagusan deh).

 

Alhamdulillah, ternyata papa dan mama pulang lebih cepet juga hari ini. Setelah sholat maghrib berjamaah bersama bertiga (mama ngga ikutan sholat nih..hmm), kita makan malam bersama. Lalu papa menepati janjinya untuk mengenalkan globe, bumi dan tatasuryanya.

Sekarang kita tahu loh tentang Globe, Globe itu miniaturnya bumi yang kita tempati sekarang. Bentuknya bulat. Globe menunjukkan posisi 5 benua yang ada yaitu Asia, Australia, Amerika, Afrika dan Eropa. kita tinggal di Indonesia yang ada di benua Asia. Selain itu ada dataran yang sebut dengan kutub. Disebelah utara disebut Kutub Utara sedangkan yang di selatan di sebut Kutub Selatan.

Oh ya, papa juga jelasin tentang planet-planet yang perlu kami kenali termasuk matahari. Planet yang dekat dengan matahari adalah planet Mercury lalu Venus baru kemudian BUMI tempat kita tinggal. Setelah Bumi ada planet Mars. Lihat deh gambar di bawah ini ada beberapa planet yang kamu harus kenali. Semuanya planet tersebut berputar mengelilingi Matahari

Sekarang manusia sudah bisa terbang ke planet selain bumi di antaranya ke planet Mars. Para penerbang angkasa tersebut dinamai Astronot. Mereka mengendarai pesawat khusus yang disebut pesawat ulang alik. 

Kami tertarik dengan Kutub Utara dan Kutub Selatan, papa bilang karena sedikit sekali mendapatkan sinar matahari mengakibatkan dataran ini dipenuhi dengan es (air yang membeku). Ternyata ada manusia yang tinggal di Kutub loh, namanya suku Eskimo. Bentuk rumah mereka lucu loh bulat seperti bola, namanya IGLO. Kita juga mengenal binatang-binatang yang tinggal di dataran yang penuh dengan es ini, diantaranya rusa, beruang kutub, srigala, pinguin, anjing laut. Kita sempet liat beberapa binatang tersebut di Internet. Oh ya binatang-binatang itu rata-rata berbulu tebal dan berwarna putih, kata papa bulu yang tebal dan putih itu dibutuhkan mereka untuk bertahan dari cuaca yang dingin dan dari hewan pemburu.

\"suku eskimo\"

Hmm sampai di sini dulu ya teman-teman, nanti kita berbagi pengalaman lagi.

Qujannamiik (ini bahasa eskimo artinya terima kasih)


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: