Alifdankayla’s Weblog


perkembangan anak
May 3, 2008, 1:44 am
Filed under: homeschooling | Tags: , ,

Memiliki anak yang lucu dan lincah sangatlah menyenangkan, bukan ? Namun, memiliki anak yang lucu, lincah, cerdas, kreatif dan bahkan jenius, tentu lebih menarik dan membanggakan.
Anak adalah “kekayaan” yang tak ternilai. Anak adalah “investasi” dunia akhirat. Anak adalah amanah bagi orang tua. Tugas orang tua adalah memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Sehingga kelak anak bisa tumbuh dan berkembang, tidak hanya lucu, namun juga cerdas, kreatif dan bahkan jenius.

Sepertinya kita sebagai Orang tua tidak bisa hanya mengandalkan pendidikan yang ada di sekolah. Demikian juga, orang tua tidak bisa mengandalkan pengetahuan tentang cara mendidik anak dari cara lama, tanpa belajar dan menerapkan metode dan penemuan terbaru.

Anak-anak saya juga belum optimal seperti yang semua harapkan sebagaimana umumnya tertulis di atas. Namun usaha untuk mengembangkan kemampuan anak-anak kita memang harus kita mulai. Kalai ditanya… Siapakah yang paling bertanggung jawab terhadap kecerdasan anaknya ? Apakah sekolah, guru, lingkungan atau pemerintah ? Bukan ! Bukan semuanya. Yang paling bertanggung jawab terhadap kecerdasan anak Anda adalah Kitta sebagai orang tuanya (Hmm ..saya juga belum merasa optimal sebagai orang tua..tapi saya ingin berusaha). Mengapa demikian ?

Berikut beberapa alasannya
• Orang tua adalah “sekolah” pertama bagi kehidupan anak. Dari orang tuanya anak mendapatkan semua materi pelajaran kehidupan ini, untuk yang pertama kalinya.
• Orang tua adalah yang paling mengetahui anaknya. Karena itulah, ia adalah orang yang paling mengerti bagaimana memaksimalkan pengembangan kecerdasannya
• Anak menghabiskan sebagian besar waktu bersama orang tua. Karena itu, apa yang didapatkan anak dari orang tuanya akan menentukan bagaimana perkembangan kecerdasannya.
• Masa anak adalah masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan. Sehingga perlakukan orang tua, sangat menentukan bagaimana tingkat kecerdasannya kelak
• Orang tua adalah pemegang amanah atas anak dari Tuhan. Karena itulah, ia menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas anaknya, termasuk dalam masalah pengembangan kecerdasannya

Nanti saya sampaikan beberapa parameter perkembangan Umur 1 – 2thn, 2 – 3thn, 3 – 4thn dan 4 – 5thn


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: