Alifdankayla’s Weblog


tsunami
May 7, 2008, 10:53 am
Filed under: homeschooling, Ilmu | Tags: ,

Kemarin mas alif tiba-tiba nanya, “Papa, tsunami itu serem ya”? sebenarnya tsunami itu karena apa ya pa? …hmm walau sudah bisa meyakinkan mas alif dengan penjelasan singkat..sepertinya tetep pengen cari sedikit ulasan yang mungkin bisa mas alif baca-baca nanti.

Kata “Tsunami” merupakan istilah dari bahasa Jepang yang menyatakan suatu gelombang laut akibat adanya pergerakan atau pergeseran di bumi di dasar laut. Gempa ini diikuti oleh perubahan permukaan laut yang mengakibatkan timbulnya penjalaran gelombang air laut secara serentak tersebar ke seluruh penjuru mata angin. Sedangkan pengertian gempa adalah pergeseran lapisan tanah dibawah permukaan bumi. Ketika terjadi pergeseran tersebut timbul getaran yang disebut gelombang seismik dari pusat gempa menjalar ke segala penjuru.
Tinggi gelombang Tsunami disumbernya kurang dari 1 meter. Tapi pada saat menghempas ke pantai tinggi gelombang ini bisa lebih dari 5 meter. Tsunami yang terjadi di Indonesia berkisar antara 1,5 – 4,5 skala Imamura, dengan tinggi gelombang Tsunami maksimum yang mencapai pantai berkisar antara 4-24 meter dan jangkauan gelombang ke daratan berkisar antara 50 sampai 200 meter dari garis pantai.

Para ilmuwan umumnya mengartikan tsunami dengan “gelombang pasang” (tidal wave) atau dikenal juga dengan sebutan “seismic sea waves” (gelombang laut karena gempa). Kedua sebutan tersebut benar, akan tetapi jika dilihat dari asal bahasanya, bahasa Jepang, “tsunami” mempunyai dua suku kata, “tsu”, artinya “pelabuhan” (harbor), “nami” berarti “gelombang” yang bisa diartikan “ombak besar di pelabuhan”)

Tanda-tanda akan datangnya tsunami di daerah pinggir pantai adalah :
1. Air laut yang surut secara tiba-tiba.
2. Bau asin yang sangat menyengat.
3. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras.

Tsunami terjadi jika :
• Gempa besar dengan kekuatan gempa > 6.3 SR
• Lokasi pusat gempa di laut
• Kedalaman dangkal < 40 Km
• Terjadi deformasi vertikal dasar laut

Potensi Tsunami di Indonesia :
Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap tsunami, terutama kepulauan yang berhadapan langsung dengan pertemuan lempeng, antara lain Barat Sumatera, Selatan Jawa, Nusa Tenggara, Utara Papua, Sulawesi dan Maluku, serta Timur Kalimantan
• Tsunami di Indonesia pada umumnya adalah tsunami lokal, dimana waktu antara terjadinya gempabumi dan datangnya gelombang tsunami antara 20 s/d 30 menit
• Gempa yang menimbulkan tsunami sebagian besar berupa gempa yang mempunyai mekanisme fokus dengan komponen dip-slip, yang terbanyak adalah tipe thrust (Flores 1992) dan sebagian kecil tipe normal (Sumba 1977).Gempa dengan mekanisme fokus strike slip kecil sekali kemungkinan untuk menimbulkan tsunami.

Penyebab gelombang Tsunami
Gempa bumi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gelombang tsunami. Gempa bumi biasanya terjadi karena adanya pergeseran lempeng yang terdapat di dasar laut. Selain itu, penyebab lainnya adalah meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut/perairan sekitarnya menjadi sangat tinggi.


3 Comments so far
Leave a comment

Assalamualaikum mas alif – dede kayla…

Wahhh blog-nya tambah keren yaa isi2nya🙂
Dan pesen mama buat mas alif sama dede kayla harus tetap rajin sholat biar bisa mendoakan semoga dijauhkan dari bencana tsunami seperti yang sudah menimpa saudara2 kita di aceh sana.

Jangan malu bertanya yaaa…biar isi2 blog-nya bisa lebih banyak.

With Love n Kisses

Mama

Comment by Mama

Assalamualaikum mas alif – dede kayla…
papa juga kirim pesan yang sama he he he

jangan nakal ya ..

Comment by rio

jangan pernah jauh yah dari yang maha pencipta dan yang maha menghendaki

Comment by khoirul imam




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: