Alifdankayla’s Weblog


Bikin Ketupat
September 22, 2008, 10:36 pm
Filed under: keseharian alif dan kayla | Tags: , , ,

Lebaran sebentar lagi..
Hari kemenangan sebentar lagi..InsyaAllah kita semua diberikan umur yang panjang untuk menikmati hari kemenangan yang sebenarnya amien ya Robballalamin

Sudah menjadi tradisi umat Islam Indonesia dari sabang sampai Merauke, dalam menyambut hari Idul Fitri membuat dan menghidangkan ketupat lebaran disertai lauk pauknya berupa daging ayam atau sapi yang dimasak dengan santan sebagai kuahnya.

Menurut orang-orang tua dahulu.ketupat lebaran merupakan pelajaran yang bersifat lambang dari Idul Fitri dan halal bihalal. Kupat artinya mengaku lepat atau mengakui kesalahan. santan artinya pangan punten, atau meminta maaf. Lengkapnya merupakan peribahasa atau pantun singkat yang berbunyi

Kupat kalian santen,sadaya ngaku lepat nyuhunkeun dihapunten
(semua mengaku bersalah minta dimaafkan)

Semuanya silih hapunten (saling memaafkan). Bila ketupat santan itu diantarkan kepada tetangga-tetangga dan orang-orang tua ialah mengakui semua kesalahan yang pernah dilakukan, baik disengaja atau tidak, baik lahir maupun bathin, dan minta maaf yang sebesar – besarnya. Kemudian hantaran ketupat santan itu dibalas dengan santan pula, maksudnya disamping memberi maaf atas kesalahan orang, juga minta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuatnya.

Ada yang mau bikin ketupat nih caranya (mudah-mudahan bener)

BAHAN:
* 1 kg beras
* 1/2 sdt air kapur sirih
* 2 sdm garam
* 10-15 kulit ketupat (tergantung ukurannya)
* Air utk merebus

CARA MEMBUAT:
1.Cuci bersih beras, tiriskan sampai tidak ada airnya.
2.Campur beras dengan kapur sirih dan garam, ratakan. Isi kulit ketupat dengan beras sampai 3/4 penuh.
3.Panaskan air hingga suam kuku, masukkan ketupat. Masak ketupat hingga matang, kurang lebih selama 4 jam.

TIPS:

* Kapur sirih akan membuat ketupat legit, teu beyar cek orang sunda mah.
* Saat memasak ketupat harus selalu terendam air. Jika air rebusan berkurang, tambahkan dengan air yg panas.
* Setelah ketupat matang, masukkan ketupat ke dalam air dingin masak, supaya ketupat bersih dan tidak cepat basi.

sedangkan cara bikin bungkus ketupatnya secara gambaran seperti gambar di bawah ini


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: